DUDUK 2 JAM JADI JUTAWAN

Nih Dia !

MERTUA – MENANTU KOMPAK CURI KAYU

JEMBER - Mertua dan Menantu yang satu ini ternyata kompak mencuri. Aksinya tak patut dicontoh.

Keduanya berkolaborasi berbuat jahat dengan mencuri kayu hutan di Taman Nasional Meru Betiri (TNMB).
Kedua nya Sariman (40) dan Matori (30) warga Desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo ini ini kini mendekam di sel tahanan Mapolres Jember.
Keduanya dibekuk petugas dalam operasi gabungan Polres Jember dan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB). Dia kedapatan mencuri kayu di kawasan hutan TNMB, tepatnya di blok Gunung Butak TNMB desa setempat.
Dari rumah pelaku, hutan hanya berjarak 1 Km. Petugas menemukan 2 pohon kayu suren olahan berbentuk kusen di rumahnya.
Terungkapnya kasus ini berkat informasi dari masyarakat setempat. Warga curiga dengan kayu suren itu. Sebab, kayu ini adalah jenis kayu endemik (hanya tumbuh) di kawasan TNMB.
Sedang di lahan penduduk tak ada yang bisa hidup kayu suren. Kayu suren itu telah diolah menjadi 154 batang dalam bentuk kusen dan usuk.
Keduanya langsung ditangkap setelah tak berhasil menunjukkan bukti surat kepemilikan. Dia mengaku mencuri dari kawasan hutan konservasi.
”Alasannya pelaku mau bikin rumah. Padahal, kayu itu kayu yang dilindungi UU Kehutanan 41/1999,” tegas Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNMB Sumarsono.
Petugas menangkap keduanya di rumah. Barang bukti kayu langsung disimpan di belakang rumah mereka lalu diangkut ke Mapolres Jember untuk diamankan.
Kata Sumarsono, memasuki bulan kesepuluh di tahun 2009 ini, TNMB telah mengungkap 20 kasus aksi pencurian kayu. kim


Tidak ada komentar: