DUDUK 2 JAM JADI JUTAWAN

Nih Dia !

4000 PESERTA TAJEMTRA DIANGKUT KERETA

JEMBER – Gerak jalan Tanggul - Jember Tradisional (Tajemtra) yang Sabtu (8/8) dipastikan meriah.

Selain memperebutkan trophy bergilir Mahmudi Cup III Tajemtra 2009 ini disediakan door prize peserta perorangan total hadiah Rp 100 Juta.
Pantauan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jember di tempat pendaftaran Tajemtra, tercatat ribuan peserta sudah dinyatakan ikut.
Peserta beregu putra sebanyak 1137 regu dan beregu putri 114 regu, beregu pelajar putra 80 regu, dan pelajar putri 20 regu, serta 2000 orang peserta door prize perorangan.
Untuk mengangkut peserta dari Jember ke Tanggul, di tempat start PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop IX) Jember telah menyiapkan gerbong kelas ekonomi dan satu kelas bisnis untuk peserta. Kapasitasnya 4000 orang.
Humas PT KAI DAOP IX Jember Harianto menjelaskan penyediaan sarana angkutan KA bagi peserta gerak jalan Tajemtra adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh PT.KAI demi suksesnya kegiatan ini.
PT KAI tahun lalu akan memberangkatkan peserta Tajemtra dengan dua gelombang pemberangkatan. Rangkaian gerbong peserta Tajemtra berangkat pukul 09.30 WIB dan rangkaian kedua akan diberangkatkan pukul l2.00 WIB.
Keduabelas gerbong disiapkan PT KAI Daop IX Jember dalam dua kali pemberangkatan itu. Dengan harapan ribuan peserta Tajemtra yang memadati Stasiun Jember akan berangkat ke Tanggul menggunakan jasa KA bisa terangkut semuanya seperti tahun sebelumnya.
“Dengan menggunakan 12 gerbong dengan rincian kapasitas tempat duduk 106 orang per gerbongnya, maka 2000 orang akan bisa terangkut ke Tanggul dalam satu kali pemberangkatan,” ujar Harianto.
Selain menurut Harianto, PT KAI Daop IX Jember telah menyiapkan ribuan lembar karcis KA dengan harga di bawah standar biasanya bagi para peserta Tajemtra.
Dalam Tajemtra kali ini peserta yang akan menumpang kereta api hanya dikenakan harga Rp.6000 untuk per orangnya.
Harga karcis ke Tanggul kelas ekonomi Rp 7.500 dan khusus saat pelaksanaan Tajemtra peserta dikenakan Rp 6.000, peserta Tajemtra tidak perlu berdesak-desakan dalam membeli karcis karena ini sudah diantisipasi oleh PT.KAI Daop IX Jember.
Dengan membuka layanan 3 loket yakni di sebelah utara, sebelah selatan dan tengah stasiun. Ini semua demi kenyamanan dan keamanan para peserta agar tidak menjadi sasaran pencopet yang akan memanfaatkan situasi keramaian, selain itu untuk mengantisipasi penumpang gelap yang mencoba naik ke dalam kereta tanpa karcis atau naik kereta diluar yang ditentukan oleh PT.KAI Daop IX Jember.
Rencananya untuk mendukung keamanan peserta saat akan diberangkatkan dengan KA selama di Stasiun Tanggul. Tiga puluh tujuh orang Satpam akan mengamankan peserta diperkuat 11 anggota Polres Jember.
”KA masih menjadi primadona bagi peserta Tajemtra dari tahun ke tahun, mengingat arus lalu lintas ditutup total dari Tanggul ke Jember dan yang bisa malewati jalur itu hanya KA saja. Banyaknya peserta yang memanfaatkan KA sebagai sarana angkutan ke Tanggul, dengan kecepatan diperlambat menjadi 40 km/jam dari kecepatan biasanya yang mencapai 60 km/jam dan akan memakan waktu 45 menit tiba di Tanggul sebelum upacara dimulai,” ujarnya. kim


Tidak ada komentar: