DUDUK 2 JAM JADI JUTAWAN

Nih Dia !

STUDI BANDING KE THAILAND

* Cegah Flu Babi, Ratusan Siswa Dites Kesehatan

JEMBER - Ratusan siswa berprestasi dan sejumlah guru yang akan berangkat studi banding ke Thailand akhirnya harus menjalani tes kesehatan oleh Dinas Peternakan dan Kelautan Jember bersama Dinas Kesehatan sebelum berangkat akhir bulan ini.

Hal itu menyusul upaya antisipasi penyebaran dan penularan virus flu babi (H1N1). Kepala Dinas Peternakan dan Kelautan Pemkab Jember, Ir Dalhar menjelaskan dalam waktu dekat akan segera memeriksa kesehatan fisik terhadap hewan untuk mengantisipasi penyebaran flu babi.
"Kami akan mengambil sampel air liur babi untuk dilakukan pemeriksaan, kita dibantu oleh laboraturium Dinas peternakan di Malang, Jogjakarta dan Surabaya," kata Dalhar.
Saat ini jumlah populasi babi di Jember mencapai 600 ekor yang tersebar di 5 Kecamatan. "Selain tes air liur babi, juga akan diperiksa terhadap ternak unggas untuk mengantisipasi flu burung. Saat ini korban flu babi di Jember masih nihil. Tapi upaya pencegahan dan antisipasi dini virus mematikan itu tetap dilakukan,” tegasnya.
Studi Banding
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jember Drs H Achmad Sudiyono mengatakan pihaknya telah mengirim utusan untuk berkoordinasi dengan atase bidang pendidikan di Thailand terkait keamanan dan kesehatan antisipasi penularan flu burung.
Jumlah siswa yang akan berangkat ke Thailand ada sekitar 100 siswa SMP dan SMA didampingi guru pendamping. Kesediaan pemeriksaan kesehatan itu dilakukan agar tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan bagi siswa dan guru berprestasi yang akan berangkat studi banding ke Thailand.
"Sebelum diberangkatkan dan sesudahnya dari Thailand, rombongan kami siap melakukan cek fisik kesehatan terakait flu babi," tegasnya. kim

Tidak ada komentar: