DUDUK 2 JAM JADI JUTAWAN

Nih Dia !

GNKL PCNU DESAK CABUT IJIN PERTAMBANGAN

JEMBER – Gerakan Nasional Kehutanan dan Lingkungan Hidup (GNKLH) dari Pengurus Cabang Nahdhotul Ulama (PCNU) Jember mengeluarkan surat peringatan keras kepada Bupati Jember Ir MZA Djalal untuk segera mencabut ijin eksplorasi pertambangan emas di Kecamatan Silo.
Hal itu menurut juru bicara GNKLH PCNU Jember Abd Qodim Manembojo, bahwa berdasarkan hasil pertemuan dan dialog yang digelar tanggal 19 Juli 2009 di Kantor PCNU Jember GNKL PCNU Jember, bersama SKeTSa, LSM Alam Hijau, Gerakan Peduli Perempuan, HMI Cabang Jember, LSM Hamim, dan Serikat Buruh untuk Kemakmuran menyatakan tegas bahwa ijin pertambangan harus dicabut.
Pertimbangannya adalah : secara yuridis pertambangan baik Mangan (Mn) dan Emas di Silo itu akan melanggar peraturan dan perundang – undangan yang berlaku. Berdasarkan kajian akademis kegiatan eksploitasi dan eksplorasi pertambangan di Silo berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan yang mengancam keberlangsungan hajat hidup orang banyak.
Bahkan dari sisi social kegiatan pertambangan berdampak pada degradasi moral dan memancing timbulnya prostitusi.
“Kegiatan pertambangan jelas menimbulkan pengangguran baru karena tenaga kerja yang diserap pertambangan tidak sebanding dengan sector usaha perkebunan dan pertanian,” tegas Abd Qodim Manembojo.
Surat edaran, dan teguran keras itu ditujukan secara terbuka selain ditujukan resmi kepada Bupati Jember Ir MZA Djalal oleh 7 LSM dan Gerakan Kehutanan Lingkungan Hidup Jember. kim



Tidak ada komentar: