DUDUK 2 JAM JADI JUTAWAN

Nih Dia !

RI HENTIKAN PENGIRIMAN TKI

• Imigrasi Tak Terpengaruh

JEMBER – Keputusan pemerintah RI untuk menghentikan pengiriman TKW, yakni TKI ke Malaysia, untuk menjadi Pembantu Rumah Tangga (PRT) tidak mempengaruhi jumlah warga Indonesia yang mengajukan passport ke Kantor Imigrasi Jember.
Kantor Imigrasi sendiri tidak bisa menghentikan permintaan itu, atau mencekal permohonan warga yang mengurus perijinan dan keimigrasian itu, sebelum ada instruksi dari Kantor Imigrasi Pusat.
Kepala Kantor Imigrasi Jember, Jon Rais, mengatakan tiga pecan terakhir ini terjadi penurunan jumlah permohonan passport. Tapi, penurunan itu tidak terkait keputusan pemerintah menghentikan pengiriman TKI ke Malaysia. Tapi, hanya terkait Pilpres belaka.
Dia mengaku bahwa sejak 26 Juni 2009 kemarin Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Jember sudah tidak mengirimkan rekomendasi TKI diberangkatkan ke Malaysia. Hanya yang banyak malah ke Singapura, Brunei, dan Philipina.
Kendati sudah mendengar keputusan Pemerintah RI terkait penghentian pengiriman TKI ke Malaysia, Rais, mengaku akan tetap mengeluarkan passport tujuan Malaysia sebelum ada instruksi dari Pusat.
Sebab, kewenangan imigrasi hanya menerbitkan passport sementara untuk pemberangkatan TKI adalah menjadi kewenangan PTJKI dan Dinas Tenaga Kerja terkait.
“Itu urusan TKI, dengan PJTKI nya serta rekomendasi dari Dinas terkait saja. Kita hanya alat kelengkapan imigrasi saja,” ujarnya.
Sementara itu, Lila, salah satu warga Lumajang yang ditemui di Kantor Imigrasi Jember kemarin mengatakan, dia mengurus passport itu atas inisiatif sendiri. Kendati ada penganiayaan terhadap TKI di Malaysia, Lila tetap bersikukuh akan berangkat.
Hanya saja, karena saat ini ada larangan dari Pemerintah, Lila, akan menunggu keputusan lebih lanjut. Dia hanya melengkapi dokumen yang dipegangnya. Sehingga kapanpun bisa diberangkatkan dirinya mengaku tidak repot lagi, dan sudah siap. kim


Tidak ada komentar: