DUDUK 2 JAM JADI JUTAWAN

Nih Dia !

PETANI TEMBAKAU MENJERIT

JEMBER - Setelah petani tembakau TBN mengeluh sedih karena tembakaunya terancam mati akibat curah hujan yang tak mau berhenti di Jember, kini Asosiasi Petani Tembakau Kasturi H Abdurahman, juga berteriak.

Menurutnya, anggota petaninya menjerit karena tidak bisa berkutik terhadap kondisi cuaca hujan di Jember. Kendati memasuki musim kemarau, tapi anehnya cuaca di Jember masih sering turun hujan.
“Curah hujan di jember masih tinggi, waduh. Banyak yang mengeluh mas. Tembakau saya baru tanam ini. Saya gambling saja,” ujarnya.
Kata dia, daun tembakau itu akan cepat rusak karena curah hujan tinggi. Jika dibiarkan maka petani akan merugi. Petani harus mencari siasat untuk mencari celah kondisi cuaca yang ada.
Di usia dini tanaman tembakau membutuhkan sinar matahari yang sangat cukup. “Kalau pagi kena cahaya matahari. Siangnya kena hujan. Hancur itu mas, daun tembakau kita,” ujarnya.
Salah satu petani tembakau kasturi adalah H Agus S, asal Subo Pakusari. Dia sudah mempersiapkan tanaman tembakau dan sudah siap dipupuk. Tapi, karena takut merugi maka pemupukan terpaksa dihentikan.
“Kalau sudah terlanjur saya pupuk, lalu kena hujan. Habis uang kita, Mas,” ujarnya.
Saat ini curah hujan di Jember mendadak deras sekali. Dan tidak tentu untuk dijadikan patokan bahwa memasuki kemarau tidak ada hujan.
Jika tembakau TBN yang menjadi andalan karena terlindungi naungan. Faktanya yang terjadi ternyata tanaman tembakau juga bisa cepat rusak. “Pucuknya, pasti rusak. Daun tembakau alamat hancur Mas,” tegas H Abdurrahman, menimpali. kim

Tidak ada komentar: