DUDUK 2 JAM JADI JUTAWAN

Nih Dia !

PILKADA JEMBER 2010

SIAPA SAJA YANG AKAN MUNCUL ??

JEMBER – Pergulatan pemikiran, mulai menggelinding hingga menjadi wacana siapakah pemimpin baru Kabupaten Jember 2010 mendatang. Kali ini berbagai prediksi telah muncul siapakah yang akan menjadi pemimpin baru Jember 2010 esok.
Apakah masih tetap Muhammad Zaenal Abidin Djalal (MZA DJALAL) yang memimpin Jember ?. Jawabannya ada di tangan masyarakat Jember secara keseluruhan. Pemilu Kepala Daerah (pilkada) 2010 sudah diambang pintu.
Kali ini berbagai ornamen Pilkada telah banyak muncul. Tak jarang kekuatan lama masih dimunculkan lagi untuk mengimbangi kekuatan baru MZA Djalal, yang diindikasikan akan mencalonkan kembali kali keduanya.
Ada beberapa kelemahan dan kekuatan yang dimiliki Bupati incombent saat ini. Lobi politik ke tingkat nasional dan aparat hukum bagi MZA Djalal, sangat tinggi. Bahkan melebihi kekuatan lama mantan Bupati Syamsul Hadi Siswoyo yang tumbang di akhir kepemimpinannya karena dugaan korupsi.
Sebuah permainan politik tingkat tinggi. Banyak yang menuding hukum politik berlaku di Jember. Dan pemainnya kaliber nasional semuanya. Bahkan, nasional bisa dikendalikan dari Kabupaten kecil di ujung Jawa Timur ini.
Wacana yang akan muncul dalam Pilkada 2010 adalah : MZA Djalal (incumbent). Lalu muncul pula Kusen Andalas, Sip. Wabup Jember ini berkeinginan membesarkan PDIP, bahkan menguasai arena Kabupaten Jember kalau perlu sebagai amanat Hj Megawati Soekarno Putri.
“Jadi orang nomor dua itu, ya tetap nomor dua,” ujar kader PDIP, asal Kaliwates mendorong pencalonan Kusen Andalas, di Pilkada 2010 mendatang.
Prediksi lain, ada tokoh berperan nasional H Arum Sabil. Tokoh APTRI ini sering disebut sebagai calon Bupati Jember 2010. Tapi, dia tidak mau mengomentari hal itu sama sekali. Bahkan cenderung alergi jika disentuh bicara soal politik itu.
Milliarder asal Semboro Tanggul Jember ini, disebut – sebut telah mempersiapkan diri dalam pencitraan diri mencalonkan Bupati Jember 2010. Tapi tidak ada satupun pernyataan di atas yang dibenarkan oleh H Arum. Semuanya ditolak. Biasa.... politik.
Prediksi lainnya adalah munculnya nama Djunaidi Mahendra. Mantan Bupati Madiun 2 periode ini disebut akan pulang kampung dan mencalonkan diri di Pilkada 2010 Jember mendatang. Dia masih terganjal oleh aturan dan statusnya. Statusnya sudah tersangka di KPK. Dan aturan boleh mencalonkan lagi masih belum jelas.
Lalu yang sudah nyata deklarasi adalah Drs Bagong Sutrisnadi. Mantan Wabup Jember 1999-2005 ini tak ingin lagi ketinggalan kereta. Dia juga tak mau lagi jadi orang nomor dua. Targetnya orang nomor satu Jember. Modalnya cukup besar. Massa pendukung fanatik Bagong sangat tinggi. Dibanding MZA Djalal, massa pendukung Bagong lebih solid.
Tapi modal keuangannya minim. Piranti LSM, dan semua ornamen Bagong bisa memenuhi. Sementara moral dan etika, orang santun ini terkenal baik dan bijak. Bagong lebih diterima masyarakat sebagai Bupati yang jujur, dan beretika. Tapi, masyarakat saat ini sedang bobrok moralnya... wallahu A’lam.
Sementara itu, calon yang diprediksi muncul adalah ada nama Ir H Nur Yasin, MBA, caleg DPR RI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). HM Yantit Budihartono Ketua DPD Golkar, Drs H Achmad Sudiono SH, Msi, (Kadiknas Pemkab Jember), Ir Hariyanto (Kadisperindag), serta pensiunan Camat Drs H Sardjono. Nama – nama terakhir ini akan meramaikan bursa Cawabup Jember 2010. kim

Tidak ada komentar: