DUDUK 2 JAM JADI JUTAWAN

Nih Dia !

IBW SEGERA SOMASI BUPATI JEMBER

DISTRIBUSI RASKIN DISUNAT

JEMBER – Lama tak muncul, kasus distribusi beras untuk rakyat miskin kembali menuai masalah. Kali ini sesuai temuan LSM Indonesia Beureucracy Watch (IBW) Jember di Kecamatan Mumbulsari pembagian raskin tidak tepat sasaran.

Jumlah yang didistribusikan kepada warga tidak mampu itu diduga disunat. Jika menurut ketentuan, pembagian raskin tiap kepala keluarga miskin mendapat jatah 15 kilogram tapi praktiknya hanya 5 kilogram.
"Kami menemukan indikasi raskin yang dibagikan tidak sebanyak 15 kilogram, namun hanya 9 sampai 10 kilogram," kata Ketua IBW Jember Sudarsono.
Dia mendesak jika Pemkab Jember tidak memenuhi kekurangan raskin di Kecamatan Mumbulsari sesuai ketentuan maka akan melakukan somasi.
"Pemkab harus memberikan hak raskin sesuai standar yakni 15 kilogram sejak Maret sampai selanjutnya," tegasnya.
Sekadar diketahui, Jember mendapat jatah raskin sebanyak 41.357.880 kilogram untuk 229.776 rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM).
Untuk kecamatan Mumbulsari terdapat 9.779 RTS-PM dengan jatah 146.685 kilogram per bulan atau 1.760.220 kilogram per tahun.
Di lain pihak, Asisten II Edi Budi Susilo masih belum memberikan jawaban sebelum dia melakukan kroscek petugas distribusi di Kecamatan Mumbulsari.
Sedang anggota Fraksi PDIP DPRD Jember Heri Budi Ermawan mengecam keras adanya dugaan penyunatan program raskin itu.
"Dugaan penyunatan itu kuat. Bisa dilakukan perangkat desa. Pihak Pemkab harus mengawasi jika perangkat desa terlibat maka bisa disanksi," ujar anggota Komisi D dari PDIP ini.kim

Tidak ada komentar: