DUDUK 2 JAM JADI JUTAWAN

Nih Dia !

HUTAN ARGOPURO DAN IJEN WASPADA KEBAKARAN

JEMBER - Memasuki musim kemarau ini, Badan Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Jawa Timur di Jember mewaspadai kebakaran hutan.

Kepala BKSDA JEMBER Abdullah Effendi Abbas memaparkan, titik rawan kebakaran hutan tidak bisa diketahui secara persis. Tapi menurutnya ada dua titik rawan kebakaran yang perlu diwaspadai : yakni hutan lokasi wisata di Pegunungan Ijen dan Pegunungan Hyang Argopuro.
Selain kondisi pepohonan ada beberapa yang mengering, juga rawan sekali jika ada masyarakat yang memercikkan api berdekatan dengan daun pohon yang kering.
"Percikan api di sana biasanya bisa terbang dan mengenai fauna yang kering. Itu sangat memungkinkan terjadi kebakaran," ujarnya.
Ditambahkan, sebagai langkah antisipasi dia akan koordinasi dengan masyakarakat untuk menyiapkan titik air sebagai pemadam api jika terjadi kebakaran.
"Kita minta warga perambah hutan tidak lagi membakar hutan dalam membuka lahan. Kita larang keras,” tegasnya.
Dia juga akan bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran di Kabupaten Jember dan Bondowoso. Dari data BKSDA, kebakaran hutan pernah terjadi di Kawasan Cagar Alam dan Hutan Wisata Ijen di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut (DPL) - 1.000 meter DPL tahun 2008.
Lahan yang terbakar mencapai 80 dan sulit dipadamkan. Senada dengan itu, Kepala Tata Usaha Taman Nasional Meru Betiri Sumarsono, menurutnya di musim kering ini masyarakat diminta tak sembarangan menyalakan api dan membuang puntung rokok.
"Kita terus sosialisasikan ini kepada warga di sekitar Taman Nasional dan wisatawan agar hati - hati menggunakan api dan membuang puntung rokok," tegasnya.kim


Tidak ada komentar: